Ini Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Tulang Selama Pandemi

Selama pandemi, sebagian orang membatasi kegiatan di luar rumah. Hal itu untuk mencegah penularan yang disebabkan oleh Covid-19. Namun, jika tidak menjaga kesehatan selama di rumah itu sama saja.



Selama pandemi, sebagian orang membatasi kegiatan di luar rumah. Hal itu untuk mencegah penularan yang disebabkan oleh Covid-19. Namun, jika tidak menjaga kesehatan selama di rumah itu sama saja. 

Selain memberikan asupan makanan bergizi, agar terhindar dari virus, kamu bisa melakukan olahraga secara rutin. Apalagi selama di rumah, tentu tubuh akan jarang bergerak dan bisa mengakibatkan masalah pada tulang. 

Untuk itu, agar tubuh sehat dan tulang tetap kuat. Berikut olahraga yang dianjurkan oleh Nicolaas Budhiparama MD., PhD., SpOT (K), FICS sebagai Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi sekaligus dokter dari atlet Indonesia, dan dr. Toto Suryo Efar, Sp.OT. 

Olahraga, atau tepatnya aktivitas fisik, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu pola hidup sehat. Pola bekerja dari rumah, atau work from home, sedikit banyak membuat kita relatif inaktif, cenderung sedenter, dan jarang melakukan aktivitas fisik. Selain menambah berat badan, gaya hidup demikian membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan sistem muskuloskeletal: tulang bisa menjadi lebih keropos, sendi bisa menjadi lebih kaku, dan otot menjadi atrofik.

Hal paling mudah yang dapat dilakukan selama work from home adalah peregangan otot atau stretching terutama jika sudah bekerja pada posisi sama dalam waktu lama. Misalkan, apabila sudah terlalu lama duduk dan mulai pegal, pekerjaan sebaiknya dihentikan sejenak untuk berdiri, jalan-jalan, dan senam ringan untuk melemaskan otot. Dengan melakukan hal sederhana demikian, beberapa penyakit seperti nyeri bahu, nyeri punggung bawah, nyeri pinggang atau panggul, dapat dihindari.

Selain itu, kita pun perlu meluangkan waktu khusus untuk “melepas keringat” meskipun sedang di rumah saja selama pandemi. OIahraga atau aktivitas fisik yang dianjurkan adalah yang bersifat aerobik, seperti berjalan atau bersepeda. Jalan atau bersepeda pada masa pandemi ini idealnya dilakukan di rumah, di atas treadmill atau static bike. Akan tetapi, apabila tidak ada perkakas demikian, jalan atau bersepeda dapat juga dilakukan di sekitar rumah pada pagi atau sore hari, dengan tetap selalu mengikuti kaidah new normal seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

(*)

Artikel ini bekerjasama dengan Nicolaas Budhiparama, MD., PhD., SpOT(K) dari Nicolaas Institute of Constructive Orthopedic Research & Education Foundation for Arthoplasty & Sports Medicine. www.dokternicolaas.com, dan Instagram @dokternicolaas

Share to

Artikel lainnya dari prof nicolaas

Sudah Cukupkah Asupan Kalsium Anda Selama Pandemi

Menjaga daya tahan tubuh selama pandemi menjadi tameng agar tidak terular virus Covid-19. Salah satu caranya meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan multivitamin.

Selengkapnya

Menderita Skoliosis, Bagaimana Cara Penanganannya

Perlu diketahui, Skolosis merupakan kondisi di mana penderitanya mengalami tulang punggung miring atau bengkok. Lantas, bagaimana penanganannya? Dan apakah kelainan tulang ini bisa dicegah dan diobati?

Selengkapnya

Mengidap Flu Tulang? Ini Cara Mengatasinya

tTahukah kamu kalau ada penyakit flu lainnya, yaitu flu tulang. Flu tersebut merupakan disebabkan oleh sebuah virus. Namun apa itu flu tulang?

Selengkapnya