Tips Aman Saat Angkat Beban

Angkat beban atau weightlifting adalah latihan fisik yang populer untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Meskipun manfaatnya sangat berharga, perlu diingat bahwa angkat beban juga dapat menyebabkan cedera jika tidak dilakukan dengan benar.



Angkat beban atau weightlifting adalah latihan fisik yang populer untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Meskipun manfaatnya sangat berharga, perlu diingat bahwa angkat beban juga dapat menyebabkan cedera jika tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips aman yang dapat membantu Anda menghindari cedera saat melakukan latihan angkat beban.

 

1. Konsultasikan dengan Profesional Terlebih Dahulu

Sebelum memulai program angkat beban, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau riwayat cedera. Konsultasi ini akan membantu menilai apakah angkat beban sesuai untuk Anda dan memastikan Anda berada dalam kondisi fisik yang cukup untuk berlatih.

 

2. Pelajari Teknik yang Benar

Teknik yang benar adalah kunci keberhasilan dan keamanan saat angkat beban. Sebelum meningkatkan intensitas atau berat beban, pastikan Anda memahami dengan baik teknik dasar angkat beban. Latihan di bawah bimbingan pelatih yang berpengalaman dapat membantu Anda memahami gerakan yang benar dan menghindari cedera yang mungkin terjadi karena kesalahan teknis.

 

3. Pemanasan dan Pendinginan yang Tepat

Sebelum memulai sesi latihan angkat beban, selalu lakukan pemanasan yang cukup untuk menghangatkan otot-otot Anda. Pemanasan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot-otot dan mengurangi risiko cedera. Setelah latihan selesai, jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar detak jantung dan pernapasan kembali normal dan membantu mengurangi kekakuan otot.

 

4. Tingkatkan Beban Secara Bertahap

Jangan terburu-buru untuk meningkatkan berat beban secara drastis. Tingkatkan intensitas latihan secara bertahap untuk memberi waktu otot dan jaringan tubuh Anda beradaptasi dengan beban yang lebih besar. Ini juga akan membantu mencegah cedera karena terlalu banyak beban yang diberikan pada tubuh Anda dalam waktu singkat.

 

5. Jaga Posisi Tubuh

Penting untuk menjaga posisi tubuh yang benar saat mengangkat beban. Jangan membungkuk atau memutar punggung Anda saat mengangkat atau menurunkan beban. Gunakan otot-otot inti Anda untuk mendukung tulang belakang Anda dan jaga postur tubuh yang tegak.

 

6. Istirahat dan Pulihkan

Berikan waktu istirahat yang cukup bagi otot-otot Anda untuk pulih setelah sesi latihan angkat beban. Otomatis, tubuh membutuhkan waktu untuk memperbaiki dan membangun massa otot. Peregangan juga penting untuk membantu mengurangi kekakuan dan menjaga fleksibilitas otot Anda.

 

Selamat berlatih dan stay safe!

 

Referensi:

American Academy of Family Physicians (AAFP): https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2003/0115/p371.html

Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/weight-training/art-20045842

Healthline: 

https://www.healthline.com/health/fitness-exercise-weight-training#safety

Share to

Artikel lainnya dari prof nicolaas

Manfaat Renang untuk Kesehatan Tulang

Renang merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dan diminati oleh masyarakat, terlebih manfaat olahraga renang juga cukup banyak bagi kesehatan tubuh dan mental. Renang juga termasuk olahraga air yang menyegarkan, sehingga sangat cocok dilakukan d

Selengkapnya

Cedera pada Olahraga Basket dan Cara Mencegahnya

Basket adalah olahraga yang sangat popular di Indonesia. Olahraga basket menuntut pemain untuk berlari dengan cepat, melompat tinggi, beradu badan untuk mendapatkan posisi rebound yang bagus, serta mengerem dan berbalik dengan cepat untuk menyerang dan be

Selengkapnya